Dutch East Indies Line Up 1938

The Indonesian national football team has only participated once in the FIFA World Cup, which is the 1938 World Cup in France, under the name Dutch East Indies. Although they are now independent from the Netherlands and has changed their name to Indonesia, FIFA considers them as the successor team of Dutch East Indies. The Indies played Hungary in their first game ever, losing 6-0. The straight knockout format used at the time made it the only game ever played by the Indonesians. Thus, Indonesia holds the FIFA World Cup record as the only team with the fewest matches played (1) and one of the teams with the fewest goals scored (0).

Paragraf di atas adalah kutipan dari sebuah entri di Wikipedia mengenai tim nasional Indonesia.  Luarbiasa, ternyata timnas sepakbola kita pernah mencicipi Piala Dunia dan dengan rekor sebagai tim Asia pertama yang masuk putara final.  Walaupun waktu itu bernama Hindia Belanda tetapi sebagaimana tertulis di atas, FIFA menganggap bahwa Indonesia adalah penerus Hindia Belanda, sehingga tidak salah jika kita sebut bahwa tim Asia pertama yang berhasil masuk putara final Piala Dunia adalah Indonesia.

Ya betul, Indonesia pernah ikut Piala Dunia, bahkan setelah saya jelajahi web, Indonesia walau dengan nama Hindia Belanda adalah negara Asia pertama yang berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia (yang menyediakan 14 tempat, ditambah satu untuk tuan rumah, Perancis, dan satu untuk juara bertahan, Italia).  Waktu itu tempat wakil Asia di final di perebutkan antara Jepang dengan Hindia Belanda, tetapi karena Jepang waktu itu sedang tegang hubungannya dengan negara-negara sekutu di Eropa, Jepang akhirnya memilih mengundurkan diri.  Akibatnya Hindia Belanda menang WO dan lolos ke putaran final di Perancis.

Tanggal 5 Juni 1938, stadion Vélodrome Municipal di kota Reims menjadi saksi pertandingan wakil Asia pertama di Piala Dunia.  Sayangnya kesebelasan kita langsung bertemu dengan Hongaria, salah satu negara adidaya sepakbola saat itu, yang nantinya menjadi runner-up Piala Dunia tahun itu.   Di sebuah blog dituliskan bahwa kesebelasan Hindia Belanda yang dikomandoi sang kapten Achmad Nawir mampu bertarung mengimbangi Hongaria dalam 12 menit pertama.

Susunan Tim Hindia Belanda :  Mo Heng Tan (goalkeeper), Frans Hu Kon, Jack Samuels, Achmad Nawir (c), Frans Meeng, Sutan Anwar, Tan Hong Djien, Isaak Pattiwael, Hans Taihuttu, Suvarte Soedarmadji, Henk Zomers.

Susunan Tim Hongaria : József Háda (goalkeeper), Lajos Korányi, Sándor Bíró, József Turay, Gyula Lázár, István Balogh, Géza Toldi, György Sárosi (c), Ferenc Sas, Gyula Zsengellér, Vilmos Kohut

Dengan dipimpin wasit Roger Conrié dari Perancis, pertandingan itu berjalan seru di duabelas menit pertama.  Sayangnya tim Hindia Belanda memang kalah kelas dibandingkan Hongaria, perlahan tapi pasti Hongaria berhasil mencari celah dan akhirnya total mendominasi pertandingan.  Pertandingan in berakhir 6-0 untuk Hongaria.  Tim Hindia Belanda pun langsung pulang karena pertandingan saat itu menggunakan sistem gugur secara putaran pertama.

Gol-gol Hongaria diciptakan oleh :

1:0 (13′) Vilmos Kohut, 2:0 (15′) Géza Toldi, 3:0 (24′) György Sárosi, 4:0 (30′) Gyula Zsengellér, 5:0 (72′) Gyula Zsengellér, 6:0 (88′) György Sárosi


Gol Toldi di menit ke-15


Gol Zsengeller di menit ke-72

Related posts: